Berbagi Ilmu Ditengah Persiapan Muscab IkaPolinema Jatim

Ditengah kesibukannya mempersiapkan kegiatan muscab 2023, pada hari Rabu, 1 November 2023, Ika Polinema Cabang Jatim masih menyempatkan diri memberikan support kegiatan melakukan pendampingan kepada SMKN 3 Surabaya sebagai salah satu sekolah terpilih mendapatkan prioritas untuk pengembangan sebagai SMK PK (Sekolah Menengan Kejuruan Pusat Keunggulan) dari Direktorat Pendidikan Vokasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Nantinya sekolah ini diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri. Tugas pendampingan ini merupakan ranah Polinema dibawah bidang IV, sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi pendamping, mendapatkan tugas pendampingan di SMKN 3 Surabaya dan mengajak alumni untuk dapat membagi ilmu dan pengalamannya.
Ika Polinema Cabang Jatim melalui Dewi dan Nugroho meskipun masih disibukkan melakukan persiapan muscab, mendukung kegiataan Polinema ini dengan menjadi narahubung dan mengajak N Maruapey untuk memberikan sharing dengan topik Budaya Kerja Industri. Materi yang disampaikan meliputi bagaimana budaya industri di bangun, diterapkan dan dipantau agar menjadi alat efektif untuk membentuk budaya yang harus dilakukan sekolah dan nantinya dapat diteruskan ke siswa SMKN 3 Surabaya agar setelah lulus dapat memiliki kualitas dan keterserapan yang baik saat nanti bekerja didunia industri maupun dalam berwirausaha.

Dalam kesempatan itu disampaikan pentingnya budaya kepemimpinan, ketrampilan softskill yang diperlukan oleh para calon lulusan. Yang tidak kalah penting disampaikan juga bagaimana pengetahuan etika bisnis dan integritas harus dijadikan pembiasaan sejak dini dan nanti penerapannya dalam dunia kerja.
Diskusi semakin menarik dengan banyaknya tanya jawab dari para pengajar sekolah tersebut yang secara umum menyampaikan permasalahan yang mereka rasakan. Kesamaan pemikiran dan budaya keterbukaan dapat dirasakan dengan kertas pernyataan yang disampaikan semua peserta tentang hal baik apa dan kekurangan apa yang dimiliki sekolah untuk dapat dijadikan masukan untuk melakukan upaya perbaikan secara bersama.
Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat dan semakin dirasakan keberadaan Ika Polinema Cabang Jatim..Aamiin

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *